Tips dan Trik Lulus Tes Rekrutmen PLN tahun 2016-2017


                Yo guys, ketemu lagi sama ane, lama gak ketemu, haha. Back to topic, sekarang saya akan menceritakan sekilas pengalaman saya terkait dengan rekrutmen PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) dari awal sampai akhir ya. Ohh ya, ini termasuk janji saya yang harus ku penuhi untuk di share kepada adik-adik semua, terutama alumni Almamater Universitasku haha. Oke deh langsung saja yak. 

Monggooo. . .

Oke, Sebelum kalian memantapkan memilih PLN sebagai destinasi akhir pengabdian diri, saya jelaskan sekilas terkait dengan PLN dan juga setiap Tahapan Proses Tes dari PLN. PT PLN (Persero) ialah perusahaan penyedia jasa kelistrikan yang dipasarkan di Indonesia. PLN mempunyai motto “Electricity for better life” yang artinya akan memberikan kesejahteraan ke seluruh rakyat Indonesia melalui Listrik yang akan menerangkan negeri ini. Selain itu, PLN juga mempunyai Visi yang keren loh yaitu “Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang bertumbuh kembang, Unggul, dan Terpecaya dengan bertumpu pada Potensi Insani”. Udah gitu, dengan adanya program dari Pemerintah merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35.000 Megawatt (2014-2019) pemerintah bersama PLN dan swasta akan membangun 109 pembangkit yang pastinya akan membutuhkan pegawai yang besar. Dalam internal PLN sendiri telah mempensiunkan sekitar 11.000 pegawai, jadi PLN membutuhkan banyak pegawai baru yang akan mendukung program-program PLN kedepan. Tapi jangan salah, walaupun PLN membutuhkan banyak pegawai baru, PLN tetap mencari potensi-potensi yang berkualitas yang akan diseleksi dengan ketat melalui beberapa tahapan tes yang bisa memakan waktu sampai 1 tahun loh. Hal ini wajar karena PLN sangat bertumpu dengan potensi insani dan Pegawai PLN adalah aset yang paling mahal yang dipunyai oleh perusahaan. Oleh karena itu, persiapkan diri dan mantapkan hati untuk bergabung ke PLN demi menerangi negeri ini Asekkk.
                
Masuk pada sesi tes yak. Tes Rekrutmen PLN ini bersistem gugur. Maksudnya, jika peserta tes tidak lulus tahapan pertama, maka peserta tersebut tidak dapat melanjutkan tahap tes selanjutnya. Ohh ya, sekilas info saja nih, saya pada waktu itu mengikuti tes rekrutmen PLN Non-Teknik (Akuntansi, Hukum, Niaga, Managemen, Psikologi dll.) maksudnya saya mengikuti rekrutmen bagi calon pegawai PLN diluar bidang teknik seperti teknik elektro, teknik mesin, Teknik Informatika, dll karena saya adalah lulusan Fakultas Hukum dengan jurusan Hukum sebagai bidang saya. Walaupun begitu, tahapan tesnya sama aja kok.

Terdapat beberapa tahapan Seleksi dari rekrutmen PLN yang meliputi:
-          Seleksi Administrasi
-          General Aptitude Test (GAT)
-          Tes Akademis dan Bahasa Inggris (AKDING)
-          Tes Psikologi
-   Tes Kesehatan Fisik (khusus untuk pelamar dngan penyandang disabilitas, terdapat persyaratan khusus sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku dari PLN)
-          Tes Laboratorium dan Penunjang (Darah, Rontgen, Urine, Pendengaran, dll)
-          Tes Wawancara
-          Diklat Prajabatan dan On The Job Training (OJT)

Diatas merupakan tahapan seleksi rekrutmen yang ada di tahun 2016-2017 ini. Rekrutmen dari PLN melibatkan lembaga independen yang memegang peranan penuh untuk menseleksi setiap pelamar yang mengikuti tes (kecuali untuk Wawancara dan Diklat Prajabatan). Oleh karena itu, dapat dipastikan rekrutmen dari PLN ini bersih dari segala jalan dan upaya memasuki PLN dengan jalan curang. Jadi buat kalian yang ingin memasuki PLN tetaplah optimis dengan potensi diri kalian masing-masing, karena yang di tes ini benar-benar potensi yang ada pada diri pelamar sendiri. Oleh karena itu, persiapan diri sedari awal adalah hal yang paling utama karena tes PLN ini tidak pandang bulu untuk meng-Cut setiap pelamar yang tidak kompeten.  Ohh ya, untuk Diklat dan OJT yang waktunya kurang lebih selama  6 bulan itu pun tetap merupakan bentuk serangkaian tes dari PLN loh dan kemungkinan tidak lolospun masih tergolong besar. Karena begitu baik dan lengkapnya tes dari PLN ini maka tidak heran jika PLN mendapatkan predikat terbaik dalam merekrut calon pegawai.

Oke tanpa berlama-lama lagi, langsung saja masuk pada proses tahap pertama dalam tes yaitu Tes Administrasi. Silahkan klik pada halaman selanjutnya untuk persiapkan diri dari awal.


Monggo disimak! 

2 komentar:

  1. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus
  2. Las Vegas, NV: Casino and Dining - DrmCAD
    The only 춘천 출장샵 Vegas-style dining, gaming, and 안동 출장안마 nightlife options on 울산광역 출장마사지 the strip. Find the 의왕 출장샵 best Vegas-style and dine in the most 보령 출장샵 exciting destination in Las Vegas

    BalasHapus